PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENDEKATAN OPEN INQUIRY PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 54 TERUMAN, BANTUL

Cilik Damaryani, (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENDEKATAN OPEN INQUIRY PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 54 TERUMAN, BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cilik damaryani.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains yaitu keterampilan mengobservasi, mengklasifikasi, dan menyimpulkan melalui pendekatan open inquiry pada anak kelompok B di TK Pertiwi 54 Teruman, Bantul. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 54 Teruman, Bantul yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan lima anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains melalui pendekatan open inquiry. Peningkatan terjadi pada keterampilan mengobservasi yaitu skor rata-rata pada Siklus I sebesar 2,16 dari kondisi awal 4,33 meningkat menjadi 6,49. Pada Siklus II terjadi peningkatan skor rata-rata sebesar 3,9 dari kondisi awal 4,33 meningkat menjadi 8,23. Keterampilan mengklasifikasi pada Siklus I terjadi peningkatan skor rata-rata sebesar 2,03 dari kondisi awal 4,73 meningkat menjadi 6,76. Pada Siklus II terjadi peningkatan skor rata-rata sebesar 3,86 dari kondisi awal 4,73 menjadi 8,59. Keterampilan menyimpulkan pada Siklus I terjadi peningkatan skor rata-rata sebesar 2,1 dari kondisi awal 4,53 menjadi 6,63. Pada Siklus II terjadi peningkatan skor rata-rata sebesar 3,83 dari kondisi awal 4,53 menjadi 8,36. Dengan demikian, pendekatan open inquiry dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada anak kelompok B di TK Pertiwi 54 Teruman, Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 26 Mar 2013 06:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10283

Actions (login required)

View Item View Item