PENINGKATAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK PKK 21 KRANDOHAN SEWON BANTUL

Apriani , Purwanti (2013) PENINGKATAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK PKK 21 KRANDOHAN SEWON BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
apriani.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak kelompok A melalui kegiatan bercerita menggunakan media gambar di TK PKK 21 Krandohan Sewon Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek yang diteliti adalah anak TK PKK 21 Krandohan Sewon Bantul kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal anak TK PKK 21 Krandohan Sewon Bantul kelompok A dapat meningkat melalui kegiatan bercerita menggunakan media gambar. Data hasil pengamatan menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan tindakan terdapat 5 anak atau 31,25% dari 16 anak kategori baik setelah dilakukan tindakan pada siklus I naik menjadi 10 anak atau 62,50% dari 16 anak kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 14 anak atau 87,25% dari 16 anak kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 26 Mar 2013 06:51
Last Modified: 07 Sep 2015 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item