PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MENGHIAS BUSANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA WALLCHART DISMK N 1 PENGASIH KULONPROGO

Rizqi Putri , Nihayah (2013) PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MENGHIAS BUSANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA WALLCHART DISMK N 1 PENGASIH KULONPROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1)Penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media wallchart dalam membuat hiasan busana di SMK N 1 Pengasih; 2)peningkatan Motivasi belajar dalam pembelajaran menghias busana melalu model pembelajaran langsung berbantuan media Wallchart pada siswa kelas X di SMK N 1 Pengasih; 3)peningkatan hasil belajar dalam membuat hiasan busana melalui model pembelajaran pembelajaran langsung berbantuan media wallchart pada siswa kelas X di SMK N 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain model Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yang meliputi (1)Perencanaan, (2) Tindakan, (3)Pengamatan, (4)Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Pengasih Wates dengan subjek penelitian adalah 31 siswa pada kelas X Busana. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan penilaian unjuk kerja Uji validitas berdasarkan kepada judgement expert dan uji reliabilitas dengan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Model pembelajaran langsung dalam membuat hiasan busana dengan langkah-langkah: (a)menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (b)mendemontasikan pengetahuan dan ketrampilan, (c)membimbing pelatihan, (d)mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik, (e) memberikan latihan dan penerapan konsep. 2) Motivasi belajar siswa dalam membuat hiasan busana melalui pembelajaran langsung berbantu media Wallchart mengalami peningkatan sebesar 95,2%, terbukti dari nilai rata-rata pra siklus 36,58 meningkat 49,39 pada siklus I dan meningkat menjadi 64,06 pada siklus II; 3) Peningkatan hasil belajar 28%, dilihat dari sebelum dikenai tindakan pada pra siklus dari 31 siswa hanya 41,9% atau 13 siswa yang sudah tuntas hasil belajarnya, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama pencapaian hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,0% atau 22 siswa yang sudah tuntas, dan setelah tindakan pada siklus kedua pencapaian hasil belajar siswa menghias busana mencapai 100% atau hasil belajar seluruh siswa tuntas dan sudah mencapai KKM. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu motivasi dan hasil belajar siswa dalam menghias busana meningkat melalui model pembelajaran langsung berbantu media Wallchart terbukti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2013 01:52
Last Modified: 29 Jan 2019 18:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item View Item