PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER

RINALDI DWI , NUGROHO (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran programmable logic controller. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran programmable logic controller. (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis website yang dikembangkan untuk pembelajaran programmable logic controller. Metode penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Alessi Trollip. Tahapan-tahapan pengembangan media ini meliputi : tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Tahap pengujian yang dilakukan terhadap kelayakan produk sebagai media pembelajaran meliputi uji alpha dan uji beta. Uji coba alpha dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji coba beta dilakukan oleh 25 siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan wawancara, kuesioner, dan lembar observasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor skala lima (skala likert). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji efektifitas produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental design yaitu One-Group Pretest – Posttest Design Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran programmable logic controller ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, desain dan produksi / pengembangan (2) Tingkat validitas media pembelajaran programmable logic controller yang diberikan oleh ahli materi dengan maksimal skor 5 mendapatkan skor rata-rata 4,13 dengan kategori ”baik”, hasil penilaian ahli media dengan skor rata-rata 4,11 dengan kategori ”baik” dan hasil penilaian siswa diperoleh skor rata-rata 4,08 dengan kategori ”baik”. (3) Sedangkan dalam pre-test dan post-test dengan nilai rata-rata pre-test 59,84 dan post-test 73,44.. Hasil uji-t menyatakan nilai thitung > ttabel (8,955 > 2,064) dan signifikansi (0,000 < 0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor nilai prestasi belajar siswa pre-test dengan post-test.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 06:23
Last Modified: 29 Jan 2019 18:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item