PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT SISTEM PENERIMA TELEVISI DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Sidik Tri , Raharjo (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT SISTEM PENERIMA TELEVISI DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk baru yang berupa handout sistem penerima televisi di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui tahapan pengembangan dan kelayakan dari handout sistem penerima televisi sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan ((Research and Development)). Pengembangan produk baru berupa handout mata pelajaran sistem penerima televisi melalui beberapa tahap, yaitu (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) revisi desain; (5) uji coba lapangan awal; (6) revisi I; (7) uji coba lapangan utama; (8) revisi II; (9) uji coba lapangan operasional; (10) revisi produk akhir; dan (11) penyempurnaan produk. Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video SMK PIRI 1 Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan Instrumen berupa angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kelayakan handout pembelajaran sistem penerima televisi. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk handout mata pelajaran sistem penerima televisi. Berdasarkan silabus, standar kompetensi dan kompetensi dasar materi-materi kemudian dikembangkan menjadi tiga (3) buah handout. Materi pokok dari tiap handout, yaitu (1) handout 1: menjelaskan pengertian prinsip kerja penerima televisi dan macam-macamnya, menjelaskan bagian – bagian dan fungsi penerima televisi; (2) handout 2: menjelaskan prinsip kerja TV hitam putih dan warna; (3) handout (3): menjelaskan macam – macam penerima televisi. Uji kelayakan terhadap handout pembelajaran sistem penerima televisi yang dikembangkan, menurut penilaian dosen ahli materi memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 4 dengan kriteria penilaian baik, guru Program Studi Teknik Audio Video sebagai ahli materi memperoleh rata-rata skor keseluruhan 3,58 dengan kriteria penilaian baik, dari ahli media 1 memperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,05 dengan kriteria penilaian baik, dari ahli media 2 memperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,05 dengan kriteria penilaian baik, dan dari uji lapangan memperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,10 dengan kriteria penilaian baik. Standar kelayakan handout apabila skor rata-rata keseluruhan tidak kurang dari standar minimal yaitu baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa handout sistem penerima televisi di SMK PIRI 1 Yogyakarta yang dikembangkan sudah baik sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 18:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10269

Actions (login required)

View Item View Item