PENGARUH EFIKASI DIRI DAN RESILIENSI DIRI TERHADAP SIKAP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)DI SMK MUDA PATRIA KALASAN

Danang , Pradana (2013) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN RESILIENSI DIRI TERHADAP SIKAP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)DI SMK MUDA PATRIA KALASAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
e-jurnal_.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap sikap K3 saat praktikum di bengkel pada siswa kelas XII SMK Muda Patria Kalasan. Tujuan kedua untuk mengetahui pengaruh mediasi variabel resiliensi diri terhadap hubungan efikasi diri dengan sikap K3 saat praktikum di bengkel pada siswa kelas XII SMK Muda Patria Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian sebab akibat (causal research) dengan pendekatan survei. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh, yaitu mengambil seluruh siswa sebagai subjek. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 59 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap sikap K3 pada siswa kelas XII SMK Muda Patria Kalasan dengan p = 0,000 (p<0,05). Besarnya pengaruh atau sumbangan efektif efikasi diri terhadap sikap K3 adalah 0,222 atau 22,2%. Pengaruh lain sebesar 77,8% disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: tanggung jawab individu, peraturan keselamatan kerja yang diberlakukan, keamanan lingkungan kerja, kepemimpinan guru, dan kesadaran siswa, (2) Efikasi diri memberikan pengaruh positif terhadap sikap K3 secara tidak langsung melalui resiliensi diri. Pengaruh efikasi diri terhadap sikap K3 secara tidak langsung melalui resiliensi diri sebesar 0,129 atau 12,9%. Pengaruh lain sebesar 87,1% disebabkan oleh pengaruh mediasi variabel pengetahuan, motivasi, serta kesadaran siswa akan keselamatan kerja. Efikasi diri berpengaruh terhadap sikap K3 secara tidak langsung melalui resiliensi diri. Sekolah disarankan memberikan dorongan dan motivasi siswa agar meningkatkan sikap positif K3 melalui bimbingan dan pelatihan efikasi diri serta resiliensi diri. Sekolah dapat mengambil tindakan tegas terhadap siswa yang melanggar peraturan dan memberikan sanksi. Siswa hendaknya meningkatkan rasa tanggung jawab dan disiplin menaati peraturan serta prosedur saat praktek kerja di bengkel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item