ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER MATA DIKLAT TEORI PRODUKTIF UNTUK SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL 2012/2013

Rintar Aprilio , Laloan (2013) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER MATA DIKLAT TEORI PRODUKTIF UNTUK SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Jonet.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik soal ujian tengah semester mata diklat Teori Produktif yang digunakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dan untuk mengetahui persentase butir soal ujian yang baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian survei. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi atau telaah dokumen. Data yang diperoleh digunakan untuk mengetahui kualitas, kelayakan, dan karakteristik butir soal ujian mata diklat Teori Produktif berdasarkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan format telaah butir untuk mengetahui kualitas soal berdasarkan aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif soal dilakukan dengan menggunakan Program ITEMAN (Item and Test Analysis) versi 3.00 yang hasilnya meliputi tingkat kesukaran butir soal, daya beda butir soal, dan efektifitas pengecoh serta reliabilitas soal ujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal ujian tengah semester mata diklat Teori Produktif yang digunakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul memenuhi aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Hasil analisis butir secara kuantitatif dengan ITEMAN menunjukkan bahwa karakteristik soal ujian termasuk dalam kategori yang kurang baik, dengan tingkat kesukaran berkisar 0,325 – 0,758; daya beda soal cukup; pengecoh berfungsi sebanyak 50% dari total keseluruhan; dan reliabilitas soal sebesar 0,569. Butir soal ujian yang baik sebanyak 31,6% dari total keseluruhan soal, sedangkan sisanya sebanyak 68,3 % termasuk dalam kategori tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 00:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item