IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (STUDI KASUS DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 2 YOGYAKARTA)

Allan Maulana, Ardhian (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (STUDI KASUS DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 2 YOGYAKARTA). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Sekolah Bertaraf Internasional di Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Yogyakarta dengan acuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 78 tahun 2009 tentang pelaksanaan program Sekolah Bertaraf Internasional. Indikator yang diteliti meliputi pencapaian Standar Nasional Pendidikan, manajemen Sekolah Bertaraf Internasional, dan budaya Sekolah Bertaraf Internasional. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Populasi berasal dari guru dan siswa program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sehingga didapatkan sampel siswa kelas XI berjumlah 116 siswa dan guru bidang studi produktif yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan dokumentasi untuk kemudian dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Sekolah Bertaraf Internasional di program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Yogyakarta adalah: (1) penerapan Standar Nasional Pendidikan adalah sebagai berikut, (a) sebagian guru (66,7%) menyatakan standar isi termasuk kategori baik, (b) sebagian guru (50%) dan siswa (58,6%) menyatakan standar proses termasuk kategori cukup, (c) sebagian guru (55,6%) menyatakan standar pendidik dan tenaga kependidikan termasuk kategori baik, dan termasuk kategori cukup berdasarkan pernyataan sebagian siswa (66,4%), (d) sebagian guru (66,7%) menyatakan standar sarana dan prasarana termasuk kategori baik, dan termasuk kategori cukup berdasarkan pernyataan sebagian siswa(69,8%), (e) sebagian guru (55,6%) menyatakan standar pengelolaan termasuk kategori baik, (f) sebagian guru(55,6%) menyatakan standar penilaian termasuk kategori baik, dan termasuk kategori cukup berdasarkan pernyataan sebagian siswa (51,7%), (g) sebagian guru (50%) dan siswa (56%) menyatakan standar kompetensi lulusan termasuk kategori cukup, (h) standar pembiayaan termasuk kategori baik, (2) manajemen Sekolah Bertaraf Internasional termasuk kategori baik dengan sebagian besar telah sesuai kriteria, (3) sebagian guru (55,6%) menyatakan budaya Sekolah Bertaraf Internasional termasuk kategori baik, dan termasuk kategori cukup berdasarkan pernyataan sebagian siswa(52,6%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 19 Mar 2013 01:17
Last Modified: 19 Mar 2013 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item