FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT SISWA SMP DI KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL UNTUK MELANJUTKAN KE SMK

Listyo , Budiarto (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT SISWA SMP DI KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL UNTUK MELANJUTKAN KE SMK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Artikel Listyo Budiarto.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari pemahaman diri, faktor keluarga dan faktor sekolah terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan empat variabel, yaitu: Pemahaman diri (X1), Faktor keluarga (X2), Faktor sekolah (X3), dan Minat melanjutkan ke SMK (Y). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan 4 (empat) alternatif pilihan jawaban. Uji coba instrumen dilakukan di SMPN 2 Imogiri dengan jumlah subyek 30 siswa dan data hasil uji coba di uji validitas dan reliabilitas. Harga rtabel uji validitas sebesar 0,37 dan harga Crounbach Alpha pada uji reliabilitas sebesar 0,854. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX SMP se Kecamatan Jetis yang yang berjumlah 683 siswa dan dengan menggunakan teknik sampling homogram Harry King, jumlah sampel 245 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Sebelum data di analisis, data diuji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, homogenitas, linearitas dan uji multikolinearitas. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman diri siswa terhadap minat untuk melanjutkan ke SMK (RX1Y = 0,598:α=0,05). Sumbangan X1 terhadap Y sebesar 36%. Sumbangan relatif variabel X1 adalah 49,1% dan Sumbangan efektif 20,37%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor keluarga terhadap minat untuk melanjutkan ke SMK (RX2Y=0,246:α=0,05) sumbangan X2 terhadap Y sebesar 6%. Sumbangan relatif variabel X2 sebesar 7,6% dan sumbangan efektif sebesar 3,15%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor sekolah terhadap minat untuk melanjutkan ke SMK (RX3Y=0,591:α=0,05). Sumbangan X3 terhadap Y sebesar 35%, sumbangan relatif variabel X3 sebesar 43,3% dan sumbangan efektif sebesar 18%. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman diri siswa, faktor keluarga, dan faktor sekolah secara bersama-sama terhadap minat siswa SMP di Kecamatan Jetis untuk melanjutkan ke SMK (RX1X2X3Y =0,645: α=0,05) dengan persamaan garis regresi Y= 15,469 + 0,305X1 + 0,118X2 + 0,188X3. Sumbangan X1, X2 dan X3 secara bersama-sama terhadap Y sebesar 41,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2013 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10241

Actions (login required)

View Item View Item