PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 DEPOK

Syahidul , Darojat (2013) PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan jurusan teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Depok. Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto. Pada penelitian ini digunakan dua varibel yaitu variabel bebas ialah Kualitas Pembelajaran Guru dan variabel terikat ialah Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan. Populasi diambil siswa jurusan teknik gambar bangunan kelas X berjumlah 64 siswa yang kemudian diambil sampel penelitian sejumlah 54 siswa dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Pengumpulan data variabel pembelajaran guru menggunakan angket tipe skala Likert dengan rentang skor 1 sampai dengan 4. Sementara variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai ujian akhir semester tahun ajaran 2012/2013. Validasi instrumen angket dilakukan melalui validasi konstruk dan validasi isi.Validasi konstruk menggunakan pendapat para ahli atau dosen ahli, sedangkan validasi isi instrumen angket menggunakan analisis butir rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan uji F melalui analisis regresi sederhana yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji liniearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan pendapat siswa, kualitas pembelajaran guru berada dalam kategori cenderung sedang dengan persentase 50% pada rentang nilai 79-92; (2) Prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan berada dalam kategori cenderung tuntas dengan kriteria nilai > 76 (batas tuntas); dan (3) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan jurusan teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Depok, dibuktikan melalui uji F yang menyatakan signifikan dengan taraf signifikansi < 0,05 dan koefisen determinan 0,268 (26,8%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2013 00:41
Last Modified: 29 Jan 2019 18:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item