PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Bangun Ari Nur , Cahyono (2013) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh Perhatian Orang Tua, Sikap Disiplin Belajar Siswa, Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Di Smk N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013. (2) faktor yang lebih berpengaruh antara Perhatian Orang Tua, Sikap Disiplin Belajar Siswa, Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Di Smk N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Di Smk N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 sejumlah 69 siswa. Metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Validitas instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgment dan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbrach. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi ganda 3 prediktor pada taraf signifikansi 5 % dan mencari besar sumbangan efektif atau relative dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan siginifikan antara perhatian orang tua, sikap disiplin belajar siswa dan kreativitas siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas Xii Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Di Smk Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,506, r hitung lebih besar dari r tabel (0,506 > 0,235).. (2) Faktor yang lebih dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah kreativitas siswa. Hal ini berdasarkan sumbangan relatif (SR) yang diperoleh dari perhatian orang tua sebesar 44,5%, sikap disiplin belajar siswa sebesar 5,1% dan kreativitas siswa sebesar 50,9%. Sedangkan besarnya sumbangan efektif (SE) adalah 25,6% dengan rincian perhatian orang tua 11,592%, sikap disiplin belajar siswa 1,3056% dan kreativitas siswa 12,902%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2013 00:34
Last Modified: 29 Jan 2019 18:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10236

Actions (login required)

View Item View Item