PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTAR MEDIA KONVENSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI DIAGNOSIS KERUSAKAN TELEVISI PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM TELEVISI SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Akhmad , Solekhudin (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTAR MEDIA KONVENSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI DIAGNOSIS KERUSAKAN TELEVISI PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM TELEVISI SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa. Pokok pembahasan yang diteliti adalah mendiagnosis kerusakan televisi. Penelitian ini hanya dibatasi pada hasil belajar ranah kognitif siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimen (ekperimen semu) dengan disain pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah 57 siswa XII TAV SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel ini adalah purposive sampling dan sampelnya adalah 18 dari kelas XII TAV 1 sebagai kelas ekperimen yang diberikan dengan media aplikasi diagnosis kerusakan televisi dan 18 dari kelas XII TAV 2 sebagai kelas kontrol dengan media konvensional yaitu dengan papan tulis. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan dengan uji Independent sample T-Test. Berdasarkan uji statistik analisis Independent sample T-Test yang telah dilakukan diperoleh bahwa nilai signifikansi pada ranah kognitif adalah sebesar 0,00 . oleh karena p < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada ranah kognitif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 19 Mar 2013 00:27
Last Modified: 19 Mar 2013 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item