Marisa, Lutfiana (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD N 1 KARANGDUREN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Lutfiana Marisa.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui pendekatan guided discovery pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangduren Kabupaten Klaten tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangduren yang berjumlah 20 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses yang diperoleh dari penerapan pendekatan guided discovery pada pelajaran IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keterlaksanaan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan guided discovery, dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan pendekatan guided discovery dalam mata pelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan guided discovery pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangduren, Kabupaten Klaten. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata keaktifan siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 58%; (2) rata-rata keaktifan siswa siklus I pertemuan kedua sebesar 78%; (3) rata-rata keaktifan siswa siklus II pertemuan pertama sebesar 3 Kata kunci : keaktifan, pembelajaran IPA, sifat-sifat cahaya, pendekatan guided discovery.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 08:27 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10205 |
Actions (login required)
View Item |