Eni Ernawati, (2013) Meningkatkan Keterampilan Mengucapkan Kata Benda Melalui Media Benda Hidup Di KB Harapan Bunda, Dusun Kembangsongo Trimulyo Jetis Bantul Yogyakarta. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
eni ernawati.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan mengucapkan kata benda melalui media benda hidup Di KB Harapan Bunda, Dusun Kembangsongo Trimulyo Jetis Bantul Yogyakarta Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaborasi dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah 12 anak yang terdiri dari empat laki-laki dan delapan perempuan. Objek penelitian adalah keterampilan mengucapkan kata benda melalui penggunaan media benda hidup. Teknik pengumpulan data menggunkan instrumen observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengucapkan kata benda pada anak melalui media benda hidup dapat meningkat. Hal ini dapat diketahui dari kondisi prasiklus yaitu 25% (tiga anak), pada siklus I mulai meningkat sebesar 50% (enam anak), dan mengalami peningkatan lagi pada siklus ll menjadi 75% (sembilan anak). Penggunaan media benda hidup dilakukan dengan cara membawa media ke dalam kelas, mengenalkan pada anak dan mengucapkan kata benda. Kata Kunci: keterampilan berbicara, media benda hidup, kelompok bermain
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 01:40 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10200 |
Actions (login required)
View Item |