PENGARUH PENGGUNAAN WORK PREPARATION SHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK MEMBUBUT PADA MATA DIKLAT PRAKTIK PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

ASEP TRI , INDRIAWAN (2013) PENGARUH PENGGUNAAN WORK PREPARATION SHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK MEMBUBUT PADA MATA DIKLAT PRAKTIK PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal skirpsi asep JADI.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar praktik membubut siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan work preparation sheet dan tidak menggunakan work preparation sheet saat prktik membubut. Selain itu juga untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar praktik membubut siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan work preparation sheet dan tidak menggunakan work preparation sheet saat prktik membubut siswa kelas XI pada mata diklat praktik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian True Experimemntal Design yang pelaksanaannya menggunakan jenis Posttest-Only Control Design yang membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah siswa 137 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan metode random class sampling, dimana sampel kelas dipilih secara acak dengan undian dan sampel yang terpilih adalah kelas XI TP 3 dan XI TP 2. Pengumpulan data diperoleh dari hasil praktik membubut. Uji validitas instrumen penelitian ini melalui uji validitas logis, yakni melalui Expert Judgement. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul pada mata diklat praktik pemesinan yang diajar dengan pembelajaran menggunakan work preparation sheet (kelas eksperimen) diperoleh rata-rata nilai praktik membubut sebesar 81,64. Sedangkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul pada mata diklat praktik pemesinan yang diajar tanpa menggunakan work preparation sheet (kelas kontrol) diperoleh rata-rata nilai praktik membubut sebesar 78,56. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa hasil belajar yang menggunakan pembelajaran work preparation sheet saat praktik lebih baik daripada yang tidak menggunakan work preparation sheet saat praktik membubut. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul pada mata diklat praktik pemesinan yang diajar dengan pembelajaran menggunakan work preparation sheet dengan yang diajar tanpa menggunakan work preparation sheet. Perbedaan ditunjukkan dengan harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel pada taraf signifikasi 5% dengan derajat kebebasan 70 (3,329 > 2,000).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 28 Feb 2013 04:04
Last Modified: 28 Feb 2013 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item