PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2012/2013

Hafez , Al Asad (2013) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan lima pendekatan pendidikan karakter yang telah dirumuskan Pusat Kurikulum dan mencari tahu faktor-faktor pendukung dan penghambatnya pada peserta didik kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok Sleman tahun 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif mengunakan program komputer. Subjek penelitian ini, adalah pimpinan sekolah, guru dan peserta didik kelas XI TGB tahun 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner. Objek penelitian ini berupa pendekatan pendidikan karakter yang meliputi keteladanan, pembelajaran, pemberdayaan dan pembudayaan, penguatan, dan penilaian. Setelah melakukan penelitian, hasil penelitian adalah aspek keteladanan memiliki skor tertinggi dengan interpretasi sangat baik (4.32). Skor terendah ada pada aspek penilaian, tetapi masih dalam interpretasi baik (3.80). Faktor pendukung meliputi terintegrasinya pendidikan karakter pada kurikulum, fasilitas yang memadai, dan kegiatan kesiswaan yang efektif menumbuh kembangkan karakter. Sedangkan faktor penghambat belum adanya monitoring dan evaluasi serta proses internalisasi yang kurang pada tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2013 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10191

Actions (login required)

View Item View Item