MODEL PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN PROSES PEMESINAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMK N 2 PENGASIH

Wahyudi, (2013) MODEL PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN PROSES PEMESINAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Artikel MODEL PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN PROSES.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan model perangkat penilaian yang sesuai dan tepat untuk mendukung pembelajaran mata diklat Pemesinan, (2) Mengetahui kelayakan perangkat penilaian yang dikembangkan untuk pembelajaran mata diklat Pemesinan, dan (3) Mengetahui reliabilitas perangkat penilaian mata diklat Pemesinan yang telah tersusun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Pengasih pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Pemesinan 1 (XI TP 1). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu instrumen pengumpulan yang berupa angket dan instrumen pengumpul data yang berupa perangkat penilaian yang dikembangkan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menganalisis validitas/kelayakan dan reliabilitas perangkat penilaian. Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat penilaian mata diklat pemesinan yang terdiri dari 3 ranah/aspek penilaian yaitu: (a) ranah kognitif, menggunakan jenis tes pilihan ganda dan uraian; (b) psikomotorik, menggunakan jenis penilaian produk; (c) afektif, menggunakan jenis penilaian sikap sehingga perangkat penilaian ini siap untuk digunakan. (2) Hasil uji kelayakan terhadap perangkat penilaian mata diklat pemesinan yang dikembangkan menurut validator untuk materi secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 91,1 % yang berarti layak untuk digunakan, menurut validator untuk evaluasi secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 90,18 % yang berarti layak untuk digunakan. (3) Berdasarkan hasil uji coba perangkat penilaian mata diklat pemesinan standar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dapat diketahui koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek kognitif sebesar 0,706 untuk soal obyektif dan 0,708 untuk soal subyektif, koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek psikomotorik sebesar 0,715 dan koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek afektif sebesar 0,712. Berdasarkan besarnya koefisien reliabilitas (≥ 0,70), sehingga ketiga jenis aspek perangkat penilaian dapat disimpulkan bahwa perangkat penilaian mata diklat pemesinan kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut baik pada aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif adalah reliabel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2013 03:21
Last Modified: 29 Jan 2019 18:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10187

Actions (login required)

View Item View Item