IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMOTIF DASAR SISWA KELAS X TKR SMK PIRI SLEMAN YOGYAKARTA

Hawazen , Asari (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMOTIF DASAR SISWA KELAS X TKR SMK PIRI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL HAWAZEN ASARI (10504247009).pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat merencanakan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran Otomotif Dasar serta untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Otomotif Dasar. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X TKR SMK Piri Sleman Yogyakarta. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran ARIAS. Model Pembelajaran memiliki lima komponen dalam setiap proses pembelajaran yaitu Assurance (kepercayaan diri), Relevance (relevansi), Interest (minat), Assesment (evaluasi) dan Satisfaction (rasa bangga). Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus pada kompetensi penggunaan alat ukur. Data penelitian ini meliputi keaktifan belajar siswa dan hasil tes kemampuan. Teknik pengumpulan data keaktifan belajar siswa dengan observasi langsung oleh observer dan data kemampuan koqnitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I capaian rata-rata partisipasi sebesar 57,71%, pada siklus II sebesar 69,71%, sedangkan pada siklus III sebesar 79,71%, jadi keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12% dan dari siklus II ke siklus III meningkat 8%. Pencapaian keaktifan belajar tertinggi yaitu aspek mendengarkan dan memperhatikan dan capaian terendah yaitu membaca dan mengajukan pertanyaan. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari hasil belajar tiap-tiap siklus. Pada siklus I rata-rata kelas sebesar 6,0 ; pada siklus II rata-rata kelas sebesar 7,1 dan pada siklus III sebesar 7,4 dengan demikian peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 1,1 poin dan dari siklus II ke siklus III sebesar 0,3 poin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2013 01:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10184

Actions (login required)

View Item View Item