PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI MELALUI METODE CERITA PADA ANAK PANTI ASUHAN DARUL YATAMA SLEMAN YOGYAKARTA

Edwin , Triyanto (2013) PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI MELALUI METODE CERITA PADA ANAK PANTI ASUHAN DARUL YATAMA SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penerimaan diri melalui metode cerita pada anak asuh di Panti Asuhan Darul Yatama Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian yaitu anak asuh umur 11 sampai dengan 13 tahun di Panti Asuhan Darul Yatama Sleman Yogyakarta dengan jumlah 10 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan pengasuh yang dimulai pada tangggal 30 November sampai dengan 9 Desember 2012. Metode cerita dilakukan dalam 1 siklus 3 tindakan dalam 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kondisi awal penerimaan diri anak asuh umur 11 sampai dengan 13 tahun di Panti Asuhan Darul Yatama Sleman Yogyakarta rendah. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata penerimaan diri 91,20 dan dikategorisasikan penerimaan diri rendah. (2) Selanjutnya, pada siklus 1 diberikan metode cerita yang meliputi 3 tindakan yaitu bercerita dan mendengarkan cerita teman tentang pengalaman penderitaan yang pernah dialami sampai sekarang, mendengarkan cerita penderitaan orang lain berserta keberhasilan yang dicapai tokoh dalam cerita (pembawa cerita adalah pengasuh), dan pemutaran video cerita penderitaan orang lain, sehingga penerimaan diri anak asuh umur 11 sampai dengan 13 tahun di Panti Asuhan Darul Yatama Sleman Yogyakarta menjadi meningkat. Peningkatan penerimaan diri anak asuh dibuktikan dari hasil post-test skor penerimaan diri rata-rata sebesar 152,90 dan dikategorikan penerimaan diri tinggi. Peningkatan skor penerimaan diri rata-rata dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 61,70. (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan penerimaan diri anak asuh menunjukkan antusias tinggi dalam metode cerita dari tindakan I, II, dan III, hasil wawancara terhadap pengasuh, anak asuh merasa sudah mampu menerima dirinya sendiri dan juga tempat tinggalnya. Kata kunci: penerimaan diri, metode cerita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:23
Last Modified: 29 Jan 2019 18:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item