PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGONTROLAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PLAT DAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Sugeng , Andriyanto (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGONTROLAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PLAT DAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
4. Jurnal Skripsi.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran mata diklat praktik plat dan las dengan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses dan perbandingan prestasi belajar praktik plat dan las antara kelas yang diberi perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses dan kelas tanpa diberi perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI TFL 1 dan TFL 2 SMK Negeri 1 Seyegan berjumlah 34 dan 35 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen Design dengan skema Non-Equivalent Control Group Design model James H. McMillan dan Sally Schumacher. Siswa kelas XI TFL 1 merupakan kelas ekperimen, diberi perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan dan siswa TFL 2 merupakan kelas kontrol, tanpa diberi perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan prestasi belajar pada siswa yang diberi metode demonstrasi dengan pengontrolan proses. Diperoleh data nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas TFL 1 (kelas eksperimen) semula 77,79 meningkat menjadi 89,79. Perolehan nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas TFL 2 (kelas kontrol) tanpa perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses juga mengalami peningkatan namun hanya sedikit, dari 76,80 menjadi 79,63. 2) Perbedaan prestasi belajar mata pelajaran praktik plat dan las busur antara kelas yang diberi perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses dengan kelas yang tanpa diberi perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses terjadi sangat signifikan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil postest kedua kelas, pada kelas TFL 1 (kelas eksperimen) diperoleh nilai rata-rata 89,79, sedangkan pada kelas kelas TFL 2 (kelas kontrol) diperoleh nilai rata-rata 79,63.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 18:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item