PERBEDAAN PRESTASI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PADA MATA DIKLAT PENGELASAN DASAR DI SMK PEMBANGUNAN 1 KUTOWINANGUN

Nur , Rokhman (2013) PERBEDAAN PRESTASI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PADA MATA DIKLAT PENGELASAN DASAR DI SMK PEMBANGUNAN 1 KUTOWINANGUN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa berpengaruh pada rendahya prestasi belajar siswa. Kurangnya variasi dalam proses pembelajaran menjadikan siswa kurang dapat memahami materi pembelajaran teori pengelasan dasar. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan media visual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen adalah kelas XII MPB yang terdiri dari 32 siswa dan kelompok kontrol adalah kelas XII MPA yang terdiri dari 29 siswa. Untuk mengetahui prestasi awalnya, ke dua kelompok tersebut diberi pretest. Kelompok eksperimen diberi perlakuan (treatment) dengan melaksanakan proses belajar mengajar menggunakan media visual power point, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan media visual power point. Penelitian dilaksanakan di SMK Pembangunan 1 Kutowinangun pada bulan September 2011-Oktober 2011. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes obyektif dengan empat pilihan jawaban. Berdasarkan data hasil penelitian, (1) terdapat perbedaan peningkatan prestasi antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Untuk kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media visual Power Point terjadi peningkatan prestasi sebesar (141%), sedangkan untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar (47,5%). (2). terjadi peningkatan prestasi pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan media visual Power Point dari rata-rata nilai awal 35,31 (pretest) menjadi 85,25 (posttest), sehingga terjadi kenaikan sebesar 49,9. (3) Terjadi peningkatan prestasi pada kelompok kontrol dari rata-rata nilai awal 35,93 (pretest) menjadi 53,03 (posttest), sehingga terjadi kenaikan sebesar 17,1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 02:16
Last Modified: 29 Jan 2019 18:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10169

Actions (login required)

View Item View Item