HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS PRAKTIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR PEMBENTUKAN LOGAM KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL BERBAH

Tri , Imawan (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS PRAKTIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR PEMBENTUKAN LOGAM KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang fasilitas praktik dengan prestasi belajar siswa pada Mata Diklat Otomotif Dasar Pembentukan Logam Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Nasional Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Nasional Berbah sebanyak 4 kelas (144 siswa) dan seluruh populasi yang berjumlah 144 siswa menjadi responden penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen angket dengan skala likert untuk mengukur variabel persepsi siswa tentang fasilitas praktik, sedangkan variabel prestasi belajar siswa menggunakan nilai rapot siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan dengan mata diklat otomotif dasar pembentukan logam. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgment) dan validasi menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus dan standar deviasi dan analisis korelasi untuk menguji hipotesis dengan menggunakan korelasi Product Moment. Pengujian tersebut dengan bantuan komputer program SPSS versi 13.0. Hasil penelitian ini menunjukkan r hitung = 0,609 > r tabel = 0,176. Nilai r hitung menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang fasilitas praktik mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi belajar siswa. Untuk menyatakan tingkat hubungan harga r hitung selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel tingkat korelasi antar variabel dimana harga r hitung = 0,609 dan termasuk dalam kategori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan kuat antara variabel persepsi siswa tentang fasilitas praktik dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 21 Feb 2013 01:59
Last Modified: 21 Feb 2013 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item