HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013

Fadli , Rozaq (2013) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) komunikasi interpersonal antara guru dan siswa kelas XI program keahlian teknik otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah tahun ajaran 2012/2013; 2) korelasi komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas XI program keahlian teknik otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian teknik otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah yang berjumlah 103 siswa dan seluruhnya dijadikan subyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan jawaban skala Likert. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan validitas isi yang diperoleh melalui judgment ahli dan validitas butir dihitung dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas XI program keahlian teknik otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,556, koefisien determinan (r2xy) sebesar 0,309.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 01:46
Last Modified: 29 Jan 2019 18:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item