IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA ALG DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BEBE ANAK DI SMK BINA PATRIA BANGSA KLATEN

NURUL , HIDAYATI (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA ALG DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BEBE ANAK DI SMK BINA PATRIA BANGSA KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui model pembelajaran langsung berbantuan media ALG dalam meningkatkan pencapaian kompetensi pembuatan pola bebe anak pada siswa kelasa X SMK Bina Patria Bangsa Klaten 2) Mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan pola bebe anak pada siswa kelas X SMK Bina Patria Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Pengambilan data dilaksanakan di SMK Bina Patria Bangsa Klaten pada bulan Oktober 2012, melalui dua siklus, dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Tata Busana berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, dan tes unjuk kerja. Uji validitas isi melalui judgment expert. Uji reliabilitas instrument tes menggunakan antar rater, yaitu kesepakatan antar pengamat, lembar observasi menggunakan antar rater yang dikonsultasikan kepada ahli, kemudian untuk lembar penilaian unjuk kerja menggunakan antar rater yaitu kesepakatan antar pengamat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Kesimpulan penelitian : 1.Penerapan model pembelajaran langsung melalui 5 fase (1) fase presentasi, (2) fase orientasi, (3) fase latihan terbimbing, (4) fase latihan terstruktur, (5) fase latihan mandiri. 2. Dengan implementasi model pembelajaran langsung berbantuan media ALG dapat meningkatkan pencapaian kompetensi pembuatan pola bebe anak dengan nilai KKM > 70 mencapai 19 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 01:20
Last Modified: 29 Jan 2019 18:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item