KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 1 SEYEGAN PASCA SERTIFIKASI GURU

Arsyad , Aziz (2013) KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 1 SEYEGAN PASCA SERTIFIKASI GURU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas proses belajar mengajar, perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran bidang keahlian teknik bangunan di SMKN 1 Seyegan pasca sertifikasi guru. Subyek penelitian ini adalah guru yang sudah sertifikasi bidang keahlian teknik bangunan. Responden penelitian adalah kepala sekolah SMKN 1 Seyegan, guru yang sudah sertifikasi dan siswa bidang keahlian teknik bangunan SMKN 1 Seyegan. Setting penelitian dilakukan di SMKN 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebonagung km 8 jamblangan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif, dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan Kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Analisis data tersebut meliputi penyajian data terkecil dan terbesar, rentang data, mean, tabel distribusi frekuensi, histogram dan tabel kategori deskripsi masing-masing aspek berdasarkan pada skala penilaian yaitu skala Likert dengan empat alternatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses belajar mengajar pasca sertifikasi guru masuk dalam kategori baik, yaitu kategori tidak baik 9,09%, kategori kurang baik 27,27%, kategori baik 54,55%, kategori sangat baik 9,09%. kualitas perencanaan proses pembelajaran pasca sertifikasi guru masuk dalam kategori baik, yaitu kategori tidak baik 18,18%, kategori kurang baik 18,18%, kategori baik 45,45%, kategori sangat baik 18,18%. kualitas pelaksanaan proses pembelajaran pasca sertifikasi guru masuk pada kategori baik, dari sudut pandang guru kategori tidak baik 9,09%, kategori kurang baik 27,27%, kategori baik 45,45%, kategori sangat baik 18,18%, sedangkan dari sudut pandang siswa kategori tidak baik 0,63%, kategori kurang baik 10,76%, kategori baik 63,29%, kategori sangat baik 25,32%. Kualitas penilaian hasil pembelajaran pasca sertifikasi guru masuk dalam kategori baik, yaitu kategori tidak baik 9,09%, kategori kurang baik 27,27%, kategori baik 54,55%, kategori sangat baik 9,09%. Kualitas pengawasan proses pembelajaran pasca sertifikasi guru masuk pada kategori sangat baik dengan nilai 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 18:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10160

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year