PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN PENDEKATAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MOTOR DIESEL DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

FUAT , MUHCLISIN (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN PENDEKATAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MOTOR DIESEL DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Teknologi Motor Diesel di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR 3 sebagai kelas kontrol dan XII TKR 4 sebagai kelas eksperimen angkatan 2012/2013 yang berjumlah masing-masing siswa 32 siswa dan 30 siswa. Pengambilan sampel digunakan acak kelas dengan pengambilan sampel 2 kelas dari jumlah populasi sebanyak 4 kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode test, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) setelah dilaksanakan treatment. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan prestasi siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan analisis uji t-test. Sebelum dilaksanakan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji instrumen dan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran quantum learning dengan pendekatan peta pikiran (mind mapping) terhadap prestasi siswa lebih tinggi bila dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Teknologi Motor Diesel di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t sebesar 0,1746 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,00. Uji homogenitas pretest siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar (Fh=1,3366<Ft=1,89) sehingga kemampuan awal siswa homogen. Sedangkan posttest kelas kontrol 72,78 dan posttest kelas eksperimen sebesar 73,08. Besarnya selisih prestasi siswa antara posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,412%. Besarnya persentase siswa yang lulus UKP pada posttest kelas kontrol sebesar 71,43% sedangkan kelas eksperimen 57,69% namun rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 21 Feb 2013 00:51
Last Modified: 21 Feb 2013 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10156

Actions (login required)

View Item View Item