PENGGUNAAN MODUL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TIK PADA MATERI MICROSOFT WORD KELAS V DI SDN SARIKARYA KRAGILAN CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA

Fadly Dwi , Abdillah (2013) PENGGUNAAN MODUL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TIK PADA MATERI MICROSOFT WORD KELAS V DI SDN SARIKARYA KRAGILAN CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran TIK antara siswa yang pembelajarannya menggunakan modul dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan modul; dan (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran TIK antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media modul dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan media modul. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-komparatif yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi experiment). Guna mengukur hasil belajar mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi digunakan test, yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilias. Uji asumsi yang digunakan adalah normalitas dan homogenitas, dan alat analisis yang digunakan adalah uji-t. Setelah dilakukan penelitian maka dapat diambil kesimpulan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan modul dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi kelas V di SDN Sarikarya Condongcatur; (2) Sebelum menggunakan modul, rata-rata hasil belajar adalah 37,00 dan setelah menggunakan modul meningkat menjadi 66,20. Terjadi peningkatan hasil belajar hasil belajar siswa kelas V SDN Sarikarya Condongcatur untuk aspek kognitif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, antara siswa yang telah menggunakan media pembelajaran modul dengan hasil belajar siswa yang sebelum menggunakan media pembelajaran modul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 21 Feb 2013 00:43
Last Modified: 21 Feb 2013 00:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

View Item View Item