PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A1 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL NGORO-ORO PATUK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Juwati, (2013) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A1 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL NGORO-ORO PATUK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Juwati.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ketarampilan motorik halus anak melalui bermain playdough di kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ngoro-oro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Subjek penelitian adalah anak didik, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek penelitian ini berupa pengembangan keterampilan motorik halus melalui bermain playdough. Setting penelitian di TK Aisyiyah Bustanul Ngoro-oro yang beralamat di Salaran, Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan observasi atau pengamatan langsung dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat dikembangkan melalui bermain playdough. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas 6 keterampilan motorik halus yang dikembangkan mengalami peningkatan yang baik atau berkembang sesuai harapan, yaitu keseimbangan badan mencapai 90% atau sejumlah 19 anak, ketahanan badan mencapai 100% atau sejumlah 21 anak, keterampilan jari-jari tangan mencapai 86% atau 18 anak, kekuatan otot tangan mencapai 100% atau sejumlah 21 anak, keunggulan tangan 95% atau sejumlah 20 anak, dan koordinasi mata dan tangan mencapai 90% atau sejumlah 19 anak. Kata kunci : keterampilan motorik halus, bermain, playdough.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 22 Feb 2013 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item