Eny Fitriana, (2013) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GLUNTUNG PANDAK BANTUL MELALUI METODE BERCERITA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Eny.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan disiplin melalui metode bercerita pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gluntung Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah 14 anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gluntung Pandak Bantul, yang terdiri dari tujuh anak laki-laki dan tujuh anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gluntung Pandak Bantul dapat ditingkatkan melalui metode bercerita. Kedisplinan anak pada akhir tindakan siklus I diketahui bahwa dalam aspek ketuntasan mengerjakan tugas, anak yang mencapai skor 4 ada empat anak (28,6%). Pada aspek menunggu giliran bermain, anak yang mencapai skor 4 ada satu anak (7,1%). Pada aspek datang tepat waktu, anak yang mencapai skor 2 ada lima anak (35,7%), anak yang mencapai skor 4 ada dua anak (14,3%). Pada akhir tindakan siklus II, yaitu pada aspek ketuntasan mengerjakan tugas, anak yang mencapai skor 4 ada 13 anak (92,9%). Pada aspek menunggu giliran bermain, anak yang mencapai skor 4 ada 12 anak (85,7%). Pada aspek ketepatan waktu, anak yang mencapai skor 4 ada 11 anak (78,6%). Kata kunci: meningkatkan disiplin, TK kelompok B, metode bercerita
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 00:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10151 |
Actions (login required)
View Item |