PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA SEBAGAI WAHANA PEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Rohana, Rohana (2012) PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA SEBAGAI WAHANA PEMBANGUN KARAKTER BANGSA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 107.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Anak yang berkarakter rendah adalah anak yang tingkat perkembangan emosi-sosialnya rendah sehingga anak beresiko atau berpotensi besar mengalami kesulitan belajar, berinteraksi sosial, dan tidak mampu mengontrol diri. Pendidikan karakter sesungguhnya dapat diintegrasikan kedalam setiap mata pelajaran, termasuk mata pelajaran matematika. Pergeseran pandangan dalam pembelajaran matematika dari sekedar belajar matematika secara prosedural menuju belajar berpikir secara matematik, akan menggiring pada ketercapaian tujuan nasional kita karena pembelajaran matematika tidak hanya untuk mendukung pengembangan ranah kognitif saja tetapi juga untuk mengembangkan ranah afektif. Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 3 Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan demikian, pembelajaran matematika dapat dijadikan media dan wahana untuk pembentukan karakter peserta didik. Makalah ini membahas tentang peran pendidikan matematika sebagai wahana pembangun karakter bangsa. Kata kunci: Pendidikan karakter, pendidikan matematika, wahana pembangun karakter

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, pendidikan matematika, wahana pembangun karakter
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:54
Last Modified: 13 Feb 2013 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10119

Actions (login required)

View Item View Item