MENGEMBANGKAN SIKAP SALING MENGHARGAI MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA: UPAYA MEMPERBAIKI KARAKTER BANGSA

Elly, Arliani (2012) MENGEMBANGKAN SIKAP SALING MENGHARGAI MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA: UPAYA MEMPERBAIKI KARAKTER BANGSA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 106.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Upaya memperbaiki karakter bangsa dapat dilakukan melalui pembelajaran matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pembelajaran matematika adalah mengembangkan sikap saling menghargai. Guru yang baik akan menghargai setiap pertanyaan siswa dan berusaha membuat siswanya belajar dengan penuh semangat meskipun pertanyaan-pertanyaan siswa berupa pertanyaan mendasar yang jawabannya seharusnya sudah mereka ketahui. Sikap guru yang menghargai siswanya akan membuat siswa semakin menghargai gurunya dan semakin termotivasi untuk belajar. Selain membantu siswa belajar bagaimana memahami konsep-konsep matematika, peran guru sebagai fasilitator adalah juga membantu para siswa bersosialisasi dengan teman-temannya. Siswa yang pandai diminta untuk membantu temannya yang kurang pandai akan menumbuhkan sikap saling menghargai diantara mereka. Pembelajaran yang mengembangkan sikap saling menghargai, jika dilaksanakan terus menerus akan membuat siswa menghargai orang-orang di sekelilingnya sehingga tercipta suasana damai dan tidak akan ada lagi tawuran ataupun kekerasan di kalangan siswa. Kata kunci: sikap saling menghargai, pembelajaran matematika, karakter bangsa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sikap saling menghargai, pembelajaran matematika, karakter bangsa
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:52
Last Modified: 13 Feb 2013 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10118

Actions (login required)

View Item View Item