EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PECAHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Widi, Astuti and Teguh, Wibowo and Riawan Yudi, Purwoko (2012) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PECAHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 99.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran STAD menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi pecahan, (2) apakah motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi pecahan, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pecahan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kutoarjo yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Uji analisis variansi menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi pecahan, motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi pecahan, tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Sultan Agung kecamatan Kutoarjo pada materi pecahan. Kata kunci: model pembelajaran STAD, motivasi belajar, dan prestasi belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran STAD, motivasi belajar, dan prestasi belajar
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:33
Last Modified: 13 Feb 2013 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item