PENGGUNAAN PROGRAM GEOGEBRA DALAM UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP N I NANGGULAN KULON PROGO POKOK BAHASAN GRAFIK GARIS LURUS PADA PEMBELAJARAN REMEDIAL

Veronica Wiwik Dwi, Astuty and M. Andy, Rudhito (2012) PENGGUNAAN PROGRAM GEOGEBRA DALAM UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP N I NANGGULAN KULON PROGO POKOK BAHASAN GRAFIK GARIS LURUS PADA PEMBELAJARAN REMEDIAL. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 97.pdf

Download (443kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang muncul dalam mempelajari materi garis lurus, khususnya pada topik grafik, persamaan, dan gradien garis lurus. Selain itu, untuk mengetahui seberapa jauh Program GeoGebra dalam upaya membantu mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII E dalam pokok bahasan grafik garis lurus pada pembelajaran remedial. Penelitian ini dilakukan di SMP N I Nanggulan Kulon Progo. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E yang belum mencapai ketuntasan belajar materi garis lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara pemberian ulangan dan kuisioner. Ulangan harian berfungsi untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami oleh para siswa pada pokok bahasan garis lurus, yang didukung dengan kuisioner kesulitan siswa. Sedangkan ulangan remedial berfungsi untuk melihat seberapa jauh Program GeoGebra mengatasi kesulitan belajar para siswa pada materi terkait. Tindak lanjut dengan dilaksanakannya pembelajaran remedial menggunakan program GeoGebra dalam upaya mengatasi kesulitan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa terletak pada kesalahan dalam penggunaan rumus dan perhitungan. Secara umum siswa banyak melakukan kesalahan dalam menentukan nilai positif dan negatif gradien dari grafik dan persamaan garis lurus serta dalam operasi aljabar dan bilangan bulat. Berdasarkan hasil dari pembelajaran remedial didapat bahwa siswa cukup terbantu dalam mengatasi kesulitan belajarnya, ditinjau dari peningkatan nilai dan kemampuan siswa dalam memahami materi garis lurus. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Program GeoGebra dapat mengatasi kesulitan siswa dalam mempelajari materi garis lurus terutama dalam menvisualisasikan grafik garis lurus. Kata-kata kunci: Grafik Garis Lurus, Persamaan Garis, Gradien, Pembelajaran Remedial, Program GeoGebra

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Grafik Garis Lurus, Persamaan Garis, Gradien, Pembelajaran Remedial, Program GeoGebra
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Feb 2013 03:44
Last Modified: 13 Feb 2013 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item