MEMAHAMI KARAKTERISTIK PSIKOLOGIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KECERDASAN INTUITIF DAN REFLEKTIF

Syukrul, Hamdi (2012) MEMAHAMI KARAKTERISTIK PSIKOLOGIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KECERDASAN INTUITIF DAN REFLEKTIF. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 90.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Karakteristik siswa dalam proses pembelajaran matematika lebih mengarah kepada hal-hal yang terkait dengan individual siswa, spesifiknya pada tingkat kecerdasan atau kemampuan intelektual siswa, baik yang bersifat bakat sebagai sebuah kelebihaan atau lebih dikenal dengan intelegensi maupun sikap yang berasal dari emosi atau lebih dekatnya sebagai wujud implementasi emosional siswa. Karakteristik psikologis siswa tidak bisa terlepas dari kepribadian.Hal itu di dasarkan pada sifat matematika itu sendiri yang merupakan bagian dari ilmu yang tidak bisa dipecahkan tanpa pengendalian dan pemanfaatan intelegensi dan pemikiran yang seksama berdasarkan kemampuan dan pengalaman yang telah ditemukan.Lebih spesifiknya bisa didefinisikan sebagai sebuah kepribadian. Menurut Santrock (2009) keperibadian merujuk pada pemikiran, emosi, dan prilaku tersendiri yang menggambarkan cara individu menyesuaikan diri dengan dunia. Dari pengertian kepribadian di atas kita bisa memperhatikan aspek kecerdasan intuitif dan reflektif yang berkembang dan tumbuh dalam diri setiap siswa yang menjadi bagian dari himpunan siswa di kelas.Dua hal tersebut merupakan bagian dari faktor utama yang sangat berperan dalam aktivitas dan mendukung kemampuan siswa.Pemahaman karakteristik siswa secara utuh akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendidik terutama dalam menentukan langkah-langkah atau metode yang akan di tempuh dalam proses pembelajaran serta dapat menyesuaikan bahan ajar sesuai dengan tingkat kebutuhan siswa secara proporsional dan kondisional. Kata kunci: Karakteristik Siswa, Kecerdasan Intuitif, Kecerdasan Reflektif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Siswa, Kecerdasan Intuitif, Kecerdasan Reflektif
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Feb 2013 02:45
Last Modified: 13 Feb 2013 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

View Item View Item