PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAMS GAME TURNAMEN (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MATEMATIKA SISWA SMP (STUDI EKSPERIMEN DI SMP DARUL HIKMAH MATARAM)

Syahrir, S.Pd., M.Pd (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAMS GAME TURNAMEN (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MATEMATIKA SISWA SMP (STUDI EKSPERIMEN DI SMP DARUL HIKMAH MATARAM). Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 89.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada aspek motivasi belajar maupun keterampilan matematika siswa SMP; dan 2) menyelidiki perbedaan yang signifikan pada aspek motivasi belajar dan keterampilan matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa SMP. Penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) group design. Penelitian tersebut menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Darul Hikmah Mataram dengan sampel penelitian adalah dua kelas yang ditentukan dari seluruh kelas VII dengan perlakuan kelas VII.A berupa metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan perlakuan kelas VII.B berupa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yaitu instrumen keterampilan matematika dan instrumen nontes yaitu instrumen motivasi belajar pada matematika. Untuk menyelidiki keefektifan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada aspek motivasi belajar maupun keterampilan matematika siswa SMP, data dianalisis dengan uji one sample. Untuk menyelidiki perbedaan yang signifikan pada aspek motivasi belajar dan keterampilan matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe TGT, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling. Membandingkan keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari motivasi belajar maupun keterampilan matematika siswa dilakukan analisis dengan uji t. Uji normalitas yang digunakan adalah dengan pendekatan univariat yaitu uji Kolmogorov Smirnov, lalu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji Box’M dan uji levene’s test untuk menguji kesamaan matriks varians-kovarians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif ditinjau dari keterampilan matematika maupun motivasi belajar pada matematika siswa SMP; 2) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Turnament) efektif ditinjau dari keterampilan matematika maupun motivasi belajar pada matematika siswa SMP; 3) terdapat perbedaan keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Turnament) terhadap keterampilan matematika dan motivasi belajar pada matematika siswa SMP; 4) metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dibanding metode pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar pada matematika siswa SMP; dan 5) metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dibanding metode pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap keterampilan matematika siswa SMP. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Teams Game Turnament, Motivasi Belajar, Keterampilan matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Teams Game Turnament, Motivasi Belajar, Keterampilan matematika
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Feb 2013 08:26
Last Modified: 12 Feb 2013 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item