PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN DIMENSI TEACHER

Sri Adi, Widodo (2012) PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN DIMENSI TEACHER. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 84.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN DIMENSI TEACHER Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakteristik matematika yang mempunyai objek yang bersifat abstrak, pentingnya proses berpikir dalam mempelajari matematika perlu ditanamkan kepada peserta didik agar dalam pembelajaran matematika tidak kehilangan makna dan bertujuan untuk memperbaiki pengajaran matematika di sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah analisis vektor ditinjau dari dimensi teacher. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian adalah instrument tes kepribadian yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Keirsey Temperament Sorter (KTS) David Keirsey dan instrument menyelesaikan masalah matematika (analisis vektor). Prosedur pengumpulan data digunakan teknik Think Out Louds (TOL) atau think aloud. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Lexy J. Moleong. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat keterpercayaan dengan menggunakan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses berpikir mahasiswa dimensi teacher dalam memecahkan masalah matematika dalam memahami masalah, mahasiswa dimensi teacher melakukan proses berpikir asimilasi, Dalam membuat rencana pemecahan masalah, mahasiswa dimensi teacher melakukan proses berpikir asimilasi, dalam menyelesaikan pemecahan masalah, mahasiswa dimensi teacher melakukan proses berpikir asimilasi, dalam memeriksa kembali jawaban, mahasiswa dimensi teacher melakukan proses berpikir asimilasi. Keyword: Proses Berpikir, Keirsey Temperament Sorter (KTS), teacher.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir, Keirsey Temperament Sorter (KTS), teacher
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Feb 2013 07:04
Last Modified: 12 Feb 2013 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10096

Actions (login required)

View Item View Item