STRATEGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI DOMINASI OTAK KIRI DAN OTAK KANAN

Rudi Santoso, Yohanes (2012) STRATEGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI DOMINASI OTAK KIRI DAN OTAK KANAN. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 80.pdf

Download (858kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari dominasi peran belahan otak kiri dan otak kanan. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa yang dominan otak kiri dan satu orang siswa yang dominan otak kanan. Dua siswa ini dipilih dari 10 siswa SMP yang mengikuti pembinaan olimpiade matematika yang dibina oleh peneliti. Untuk menentukan siswa yang dominan otak kiri dan dominan otak kanan digunakan Tes Inventori Dominasi Otak Kiri dan Otak Kanan. Sedangkan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah geometri dilakukan dengan menganalisis dan mengintepretasikan langkah-langkah yang digunakan siswa, menggunakan metode Think Aloud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang dominan otak kiri cenderung menggunakan pendekatan analitik, berpikir linier, sistematis, parsial. Sedangkan siswa yang dominan otak kanan cenderung menggunakan pendekatan visual, berpikir lateral, random, global, divergen. Kata Kunci: Strategi siswa, Otak kiri, Otak Kanan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi siswa, Otak kiri, Otak Kanan
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Feb 2013 04:11
Last Modified: 12 Feb 2013 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10092

Actions (login required)

View Item View Item