Risnanosanti, Risnanosanti (2012) HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA DI KOTA BENGKULU. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7
|
Text
P - 79.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika bertujuan tidak hanya agar siswa menguasai materi matematika namun juga diharapkan berkembangnya kemampuan berpikir dalam diri siswa. Salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Kesiapan siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadi hal yang utama agar siswa dapat meneriman materi serta mengembangkan kemampuan berpikirnya dengan baik. Matematika yang hanya dipahami secara tekstual dari bahan-bahan ajar yang tertulis akan mengakibatkan proses pembelajaran menjadi tidak bermakna. Proses pembelajaran tentu saja tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, sehingga dibutuhkan persiapan yang matang sebelum menyampaikan konsep matematika. Persiapan mengajar perlu dilakukan agar pemyampaian materi tidak bersifat monoton dan dapat berdasarkan pada karakteristik siswa. Oleh karena itu untuk mempersiapkan siswa dalam belajar perlu adanya suatu hypothetical learning trajectory (HLT) yang tepat. Artikel ini akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan HLT, bagaimana menyusun suatu HLT khususnya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata Kunci: Hypothetical Learning Trajectory, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hypothetical Learning Trajectory, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 12 Feb 2013 03:09 |
Last Modified: | 12 Feb 2013 03:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |