UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA MELALUI GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELOMPOK A DI TK ABA GEDONG TENGEN YOGYAKARTA

Yani Candra , Dewanti (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA MELALUI GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELOMPOK A DI TK ABA GEDONG TENGEN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Yani Candra Dewanti.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita melalui gambar berseri pada anak kelompok A TK ABA Gedong Tengen Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti membatasi masalah pada upaya meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita melalui gambar berseri pada siswa kelompok A di TK Gedong Tengen Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A TK ABA Gedong Tengen Yogyakarta yang berjumlah 28 anak dengan jumlah 16 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pertemuan kedua dijadikan tolak ukur keberhasilan pada masing-masing siklus. Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi cerita siswa dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 21 dari 28 siswa dalam kategori baik. Apabila dihitung dalam klasifikasi persen maka 75% dari jumlah siswa dalam kategori baik. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan 28,57% siswa berkriteria baik dalam menceritakan kembali isi cerita, 39,29% siswa berkriteria cukup dalam menceritakan kembali isi cerita, dan 32,14% siswa berkriteria kurang dalam menceritakan kembali isi cerita. Persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menceritakan kembali isi cerita masih dalam berkriteria kurang sehingga apabila dilihat dari data tersebut maka kemampuan menceritakan kembali isi cerita siswa masih perlu ditingkatkan. Pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 53,57% siswa berkriteria baik, 25% siswa berkriteria cukup, dan 21,43% berkriteria kurang. Persentase tersebut menujukkan bahwa kemampuan menceritakan kembali isi cerita belum mencapai kriteria keberhasilan. Dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 75% siswa berkriteria baik dalam menceritakan kembali isi certa, 14,29% siswa berkriteria cukup, dan 10,71% siswa berkriteria kurang. Dengan adanya peningkatan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui gambar berseri pada siswa kelompok A di TK ABA Gedong Tengen Yogyakarta dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita siswa. Kata kunci: kemampuan menceritakan kembali isi cerita, gambar berseri, anak kelompok A TK ABA Gedong Tengen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2013 06:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item