PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN BENDA-BENDA KONKRET (NYATA) KELOMPOK A TK ABA V GANJURAN BOROBUDUR MAGELANG

Neni Tri, Wahyuni (2013) PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN BENDA-BENDA KONKRET (NYATA) KELOMPOK A TK ABA V GANJURAN BOROBUDUR MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Neni Tri W.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan perkembangan kognitif melalui penggunaan benda-benda konkret (nyata) pada siswa kelompok A TK ABA V Ganjuran, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek pada Penelitian ini adalah siswa kelompok A di TK ABA V Ganjuran yang berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan benda-benda konkret dapat meningkatkan perkembangan kognitif khususnya penjumlahan dan pengurangan benda. Hasil perkembangan pada kondisi awal sebelum adanya pemanfaatan benda-benda konkret, anak yang perkembangan berkriteria baik 0 anak, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 3 anak pada siklus I, dan menjadi 12 anak pada siklus II. Kata kunci : perkembangan kognitif, penambahandan pengurangan, benda konkret

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2013 06:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item View Item