Neni Tri, Wahyuni (2013) PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN BENDA-BENDA KONKRET (NYATA) KELOMPOK A TK ABA V GANJURAN BOROBUDUR MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Neni Tri W.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan perkembangan kognitif melalui penggunaan benda-benda konkret (nyata) pada siswa kelompok A TK ABA V Ganjuran, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek pada Penelitian ini adalah siswa kelompok A di TK ABA V Ganjuran yang berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan benda-benda konkret dapat meningkatkan perkembangan kognitif khususnya penjumlahan dan pengurangan benda. Hasil perkembangan pada kondisi awal sebelum adanya pemanfaatan benda-benda konkret, anak yang perkembangan berkriteria baik 0 anak, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 3 anak pada siklus I, dan menjadi 12 anak pada siklus II. Kata kunci : perkembangan kognitif, penambahandan pengurangan, benda konkret
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 12 Feb 2013 06:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10087 |
Actions (login required)
View Item |