UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MASYITHOH TEMANGGUNG KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Berty Ivanintyas , Cahyaningrum (2013) UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MASYITHOH TEMANGGUNG KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Berty I.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal melalui permainan sosiodrama pada anak kelompok A di TK Masyithoh Temanggung, Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A di TK Masyithoh Temanggung yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila 80% atau lebih dari jumlah anak dalam satu kelas mendapat kriteria minimal baik dengan skor minimal 18 atau 75% dalam seluruh indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama dalam proses pembelajaran anak kelompok A di TK Masyithoh Temanggung Kabupaten Gunungkidul terbukti dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal. Adapun hasil observasi sebelum tindakan diketahui yang mendapat rata-rata skor dalam kriteria baik pada aspek-aspek kecerdasan interpersonal yaitu 20% dari jumlah anak mendapat rata-rata skor dengan kriteria baik sebesar 56.7%. Pada siklus I pertemuan pertama 33.3% dari jumlah anak mendapat rata-rata skor dengan kriteria baik sebesar 61.9%, pada pertemuan ini belum terlaksana dengan baik dan suasana kelas belum kondusif, selanjutnya pada pertemuan kedua 46.7% dari jumlah anak mendapat rata-rata skor dengan kriteria baik sebesar 65%, pada pertemuan ini proses bermain drama mulai ada peningkatan maskipun hasilnya belum mencapai target yang ditetapkan. Pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 66.7% dari jumlah anak mendapat rata-rata skor dengan kriteria baik sebesar 69.7%, proses bermain drama mulai mengalami peningkatan yang cukup banyak, terlihat suasana kelas sudah mulai terkondisikan, anak-anak lebih aktif, dan juga terlihat tidak bingung lagi ketika bermain. Terakhir pada pertemuan kedua siklus II meningkat hingga mencapai 86.7% dari jumlah anak mendapat rata-rata skor dengan kriteria baik sebesar 77.8%, proses bermain drama telah berjalan sesuai tahapan-tahapan dan berjalan optimal dibandingkan pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan-pertemuan sebelumnya. Kata Kunci: sosiodrama, interpersonal, anak TK Masyithoh Temanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2013 06:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item