EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KALIGESING TAHUN 2011/2012

Qurotuh, Ainia and Nila, Kurniasih and Mujiyem, Sapti (2012) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KALIGESING TAHUN 2011/2012. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 75.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar matematika dengan model AIR lebih baik daripada model konvensional; (2) apakah prestasi belajar matematika dengan karakter belajar membudaya (MK) lebih baik dari mulai berkembang (MB), mulai terlihat (MT), dan belum terlihat (BT); dan (3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan karakter belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kaligesing. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi (Anava) dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari Anava dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan α = 0.05, menunjukkan: (1) Fobs = 17.018 > Ftabel = 4.08 sehingga Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR dan model konvensional, dilihat dari rataan marginalnya bahwa model pembelajaran AIR lebih baik dari model konvensional; (2) Fobs = 17.015 > Ftabel = 2.48 maka H୭ ditolak yang berarti tidak semua karakter belajar memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar siswa. Uji scheffemenunjukkan prestasi belajar matematika untuk karakter belajar membudaya (MK) lebih baik dari mulai berkembang (MB), mulai terlihat (MT), dan belum terlihat (BT). (3) Fobs = 0.781 < Ftabel = 2.48 sehingga Ho diterima yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan karakter belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Kata kunci: Pembelajaran AIR, Karakter Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran AIR, Karakter Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Feb 2013 01:55
Last Modified: 12 Feb 2013 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item