PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN OPERASI PEMBAGIAN DENGAN MENEKANKAN ASPEK PEMAHAMAN

Qodri Ali, Hasan (2012) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN OPERASI PEMBAGIAN DENGAN MENEKANKAN ASPEK PEMAHAMAN. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 74.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran pembagian dengan menekankan pemahaman pada konsep-konsep yang berada dalam operasi pembagian. Urutan pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan kesinambungan konsep-konsep berhitung dengan beracuan pada kontruksi pemahaman konsep pembagian siswa yang berkemampuan rendah sampai tinggi. Susunan materi dilakukan berdasarkan tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa (mencoba mereduksi kesalahan yang terjadi). Serta hasil penelitian rekontruksi pemahaman siswa yang pernah belajar operasi pembagian. Materi-materi pembagian yang dapat disajikan dalam bentuk konkret sampai bentuk formal adalah semua materi pembagian baik materi pembagian dengan bilangan bulat dengan bilangan bulat, bilangan bulat dengan bilangan pecah, bilangan pecahan dengan pecahan, bilangan negatif, membagi dengan basis 10, dengan basis n, dengan basis x (pembagian dalam bentuk fungsi). Ternyata memiliki konsep yang sama hanya tingkat keabstrakannya saja yang berbeda-beda. Mengingat terbatasnya waktu dan tempat penyajian, pada tulisan ini hanya akan disajikan materi pembagian dari bilangan bulat dan pecah secara lengkap dan bilangan pecah, sedangkan penyajian materi selanjutnya hanya secara garis besarnya saja yang pada hakekatnya dilakukan berdasarkan prinsip sama. Kata kunci: Operasi pembagian, Pemahaman, Pembelajaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Operasi pembagian, Pemahaman, Pembelajaran
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Feb 2013 01:50
Last Modified: 12 Feb 2013 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item