REKONSTRUKSI PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN PADA SISWA BERKEMAMPUAN TINGGI

Qodri Ali, Hasan (2012) REKONSTRUKSI PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN PADA SISWA BERKEMAMPUAN TINGGI. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 73.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan pemahaman konsep. Operasi pembagian adalah pengetahuan prosedural, namun dalam prosedur pembagian sebenarnya terdapat konsep-konsep matematika yang apabila dipahami akan mampu membawa siswa kepada pemahaman formal, sehingga pemahaman terhadap operasi pembagian tidak hanya sampai pada pemahaman instrumental saja. Penelitian ini bertujuan mengetahui rekonstruksi pemahaman konsep pembagian pada siswa berkemampuan tinggi melalui aktivitas mandiri. Siswa diberikan soal cerita yang dalam pemecahannya perlu melakukan operasi pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subjeknya 1 orang siswa kelas V berkemampuan tinggi, pada SDN Percobaan Palangkaraya, dimana siswa sudah pernah diajarkan operasi pembagian. Validitas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman siswa terhadap operasi pembagian sudah sampai pada taraf relasional ditunjukkan antara lain siswa mengerti mengapa operasi pembagian dilakukan dari sebelah kanan, mengapa pengambilan dilakukan pada masing-masing nilai tempat yang sama, siswa mengetahui keterkaitan konsep-konsep yang ada dalam operasi pembagian, siswa juga mengenali sifat-sifat operasi hitung dalam operasi pembagian. Sedangkan dalam pemahaman formal siswa masih sulit menuliskannya dalam notasi matematika meski siswa mampu menemukan jawabannya serta menjelaskan bagaimana jawaban itu diperoleh. Kata kunci: Rekonstruksi, Pemahaman konsep, Pembagian

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Pemahaman konsep, Pembagian
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Feb 2013 01:13
Last Modified: 12 Feb 2013 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item