STRATEGI COPING MENGHADAPI STRES DALAM PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM S1 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Nindya , Wijayanti (2013) STRATEGI COPING MENGHADAPI STRES DALAM PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM S1 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat, sumber, jenis stres mahasiswa dan strategi coping menghadapi stres dalam penyusunan tugas akhir skripsi yang dilakukan mahasiswa FIP UNY angkatan 2008. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis survei. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa FIP UNY angkatan 2008. Penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan jumlah 140 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive proportional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan kuesioner berbentuk skala stres dan strategi coping menghadapi stres. Hasil Uji validitas dan reliabilitas kuesioner menggunakan uji validitas eksternal yang hasilnya dapat dipercaya (reliabel) dengan menggunakan Alpha Cronbach dengan koefisien alpha sebesar 0,8443, 0,8790, dan 0,8211. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh selanjutnya dihitung menggunakan teknik persentase dengan perhitungan melalui SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa FIP angkatan 2008 mengalami stres dalam penyusunan skripsi pada kategori sedang yaitu 109 mahasiswa (77,9%). Sumber stres yang paling dominan yaitu frustrasi dengan mean 13,50 dan jenis stres yang dominan yaitu stres psikologis dengan mean 26,61. Strategi coping yang umumnya dilakukan mahasiswa untuk menghadapi stres adalah coping positif pada kategori tinggi (58,6%) seperti membuat rencana aksi dan berusaha selalu berpikir positif. Sedangkan strategi coping negatif pada kategori sedang (60,7%) seperti mengatasi masalah dengan terburu-buru dan kurang dapat berpikir dengan tenang. Coping positif yang paling dominan yaitu religiusitas dan perencanaan (100%) artinya mahasiswa cenderung untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan agar lebih tenang dan fokus setiap menghadapi masalah, sedangkan coping negatif yang dominan yaitu kontrol diri (52,9%) artinya mahasiswa cenderung terburu-buru dalam setiap mengatasi masalah dan merasa sedikit terbebani dengan skripsi. Kata kunci: stres, strategi coping, mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item View Item