HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG ATRAKSI INTERPERSONAL GURU, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Doni Tri , Anggono W. (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG ATRAKSI INTERPERSONAL GURU, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang atraksi interpersonal guru, fasilitas belajar dan lingkungan belajar dengan motivasi siswa kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jumlah populasi sebesar147 siswa dan jumlah sampel yang digunakan sebesar 107 siswa dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Untuk uji validitas istrumen menggunakan rumus product momen dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha crobanch. Uji persyaratan analisis yaitu untuk normalitas data menggunakan rumus chi kuadrat dan uji linieritas dengan rumus regresi sederhana. Untuk uji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan rumus korelasi product momen, sedangkan untuk uji hipotesis ke empat menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang atraksi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dari harga rhitung lebih besar daripada r tabel (0,559 > 0,190 ) dan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (6,922 > 1,983) dengan n =107 pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah dengan motivasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar daripada r tabel (0,314 > 0,190) dan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (3,388 > 1,983) dengan n = 107 pada taraf signifikansi 5%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang lingkungan belajar di sekolah dengan motivasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar daripada r tabel (0,261 > 0,190) dan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (2,863 > 1,983) dengan n = 107 pada taraf signifikansi 5%, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang atraksi interpersonal guru, fasilitas belajar dan lingkungan belajar di sekolah secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan ry.x1x2x3 lebih besar dari rtabel (0,668 > 0,190) dan harga Fhitung lebih besar daripada harga Ftabel (27,67>2,57) dengan n = 107 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 04:00
Last Modified: 29 Jan 2019 18:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10060

Actions (login required)

View Item View Item