Hubungan Nilai-Nilai Kepramukaan, Karakter Disiplin dan Kerja Keras terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif di SMK PGRI I Ngawi

Joko , Sudrajad (2013) Hubungan Nilai-Nilai Kepramukaan, Karakter Disiplin dan Kerja Keras terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif di SMK PGRI I Ngawi. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal penelitian.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara nilai-nilai kepramukaan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran produktif di SMK PGRI I Ngawi; (2) hubungan antara karakter disiplin terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran produktif di SMK PGRI I Ngawi; (3) hubungan antara karakter kerja keras terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran produktif di SMK PGRI I Ngawi; (4) hubungan antara nilai-nilai kepramukaan, karakter disiplin dan karakter kerja keras secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran produktif di SMK PGRI I Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian ekspost facto dengan subjek penelitian berjumlah 18 responden. Penelitian dilaksanakan pada bulan Nopember 2012. Dalam penelitian ini ada empat variabel yaitu: (1) nilai-nilai kepramukaan sebagai variabel bebas (X1); (2) karakter disiplin siswa sebagai variabel bebas (X2); (3) karakter kerja keras siswa sebagai variabel bebas (X3); dan (4) prestasi belajar siswa mata pelajaran produktif sebagai variabel terikat (Y). Metode pengambilan data melalui angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan metode Expert Judgment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Taraf signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 0,05. Teknik analisis data meliputi statistik diskriptif, uji prasyarat analisis, korelasi Product Moment, analisis regresi dan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Perhitungan data statistik menggunakan bantuan program komputer SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan antara nilai-nilai kepramukaan dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK PGRI I Ngawi karena r_(hitung )(0.276) lebih kecil dari pada r_(tabel )(0.468); (2) tidak terdapat hubungan antara karakter disiplin dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK PGRI I Ngawi karena r_(hitung )(0.450) lebih kecil dari pada r_(tabel )(0.468); (3) tidak terdapat hubungan antara karakter kerja keras dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK PGRI I Ngawi karena r_(hitung )(0.372) lebih kecil dari pada r_(tabel )(0.468); (4) tidak terdapat hubungan antara nilai-nilai kepramukaan, karakter disiplin dan kerja keras secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK PGRI I Ngawi karena r_(hitung )(0.466) lebih kecil dari pada r_(tabel )(0.468).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 28 Jan 2013 03:54
Last Modified: 28 Jan 2013 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item