PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MATA PELAJARAN KESEHATAN, KESELAMATAN, KEAMANAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DENGAN MODEL CARD SORT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL

Melati , Cahyaningrum (2013) PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR MATA PELAJARAN KESEHATAN, KESELAMATAN, KEAMANAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DENGAN MODEL CARD SORT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Melati Cahyaningrum.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran menerapkan konsep lingkungan hidup melalui penerapan model pembelajaran Card Sort di SMK Negeri 1 Sewon Bantul, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar Menerapkan Konsep Lingkungan Hidup melalui penerapan model pembelajaran Card Sort di SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari “Perencanaan-Tindakan dan Observasi-Refleksi”. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X Busana 3 program keahlian Tata Busana. Objek penelitian ini adalah menerapkan konsep lingkungan hidup dalam mata pelajaran Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan Hidup (K3LH). Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian observasi, lembar penilaian psikomotorik, dan tes pilihan ganda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah melalui uji validitas isi yang hasilnya sudah dinyatakan valid oleh Judgment Expert sedangkan reliabilitasnya mengunakan KR20 dengan hasil 0,624 dilihat dari table intepretasi menurut Suharsimi Arikunto memiliki reliabilitas yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk pengambilan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Card Sort dalam pembelajaran menerapkan konsep lingkungan hidup pada siswa kelas X Busana 3 di SMK Negeri 1 Sewon Bantul yang dilakukan dengan 2 siklus dimulai dengan pendahuluan berupa penjelasan singkat mengenai materi yang akan dibahas, kemudian dilanjutkan tahap penyajian yaitu setiap peserta didik diberi potongan kertas yang berisi informasi yang tercakup dalam suatu atau lebih kategori, kemudian peserta didik diminta untuk bergerak dan berkeliling di dalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama, lalu peserta didik dengan kategori yang sama diminta berdiskusi serta mempresentasikan hasil diskusi sesuai kategori masing-masing di depan kelas, seiring dengan presentasi dari tiap-tiap kategori tersebut, berikan poin-poin penting terkait materi pelajaran dan diakhiri dengan evaluasi yaitu guru memberi tugas individu berupa tes pilihan ganda. Peningkatan kompetensi menerapkan konsep lingkungan hidup pada pra siklus yang mencapai KKM hanya 13 siswa atau 42% dari 31 siswa dan pada siklus pertama pencapaian kopetensi siswa sebanyak 28 siswa atau 90,4% dari 31 siswa, selanjutnya pada siklus kedua pencapaian kopetensi siswa mencapai 31 siswa atau 100%. Berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Card Sort dapat diterapkan dalam mata pelajaran Menerapkan Konsep Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > S1 Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 28 Jan 2013 03:51
Last Modified: 28 Jan 2013 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item