IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBUATAN LENAN RUMAH TANGGA MATA PELAJARAN KETRAMPILAN TATA BUSANA PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 PATUK

Wahyu Tri , Yuliani (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBUATAN LENAN RUMAH TANGGA MATA PELAJARAN KETRAMPILAN TATA BUSANA PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 PATUK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL WAHYU TRI YULIANI.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui implementasi model pembelajaran kreatif pada mata pelajaran ketrampilan tata busana di SMA N 1 Patuk, 2) mengetahui peningkatan kreativitas pembuatan lenan rumah tangga pada mata pelajaran ketrampilan tata busana pada siswa kelas XI di SMA N 1 Patuk setelah diterapkan model pembelajaran kreatif. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas denga desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana yang berjumlah 12 orang pada tahun akademik 2011/2012. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi sebagai catatan lapangan dan tes penilaian kreativitas. Uji validitas instrument menggunakan validitas konstrak untuk materi dan model pembelajaran, hasil validitas dari para ahli menyatakan layak untuk digunakan dalam pengambilan data, sedangkan reliabilitas instrument kreativitas menggunakan antar-rater dengan hasil sebesar 0,839. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dengan menerapkan model pembelajaran kreatif yang meliputi 4 tahap, yaitu orientasi, eksplorasi, rekreasi, dan evaluasi, 2) pada pra siklus hasil belajar siswa menunjukkan masih banyak yang belum mencapai kategori kreatif, dari 12 siswa ada 2 siswa mencapai kategori kreatif dan 10 siswa mencapai kategori belum kreatif, dengan nilai rata-rata 30,75, 3) pada siklus I hasil belajar siswa pada pembelajaran pembuatan lenan rumah tangga dengan menerapkan model pembelajaran kreatif pada pembelajaran pembuatan lenan rumah tangga,dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan kreativitas dari 12 siswa, yaitu meningkat sebanyak 14,08% dari nilai rata-rata 30,75 pada pra siklus menjadi 35,08 pada siklus I, ada 5 siswa mencapai kategori kreatif dan 7 mencapai kategori belum kreatif. 4) kemudian pada sklus II, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 29,70 %, dari nilai rata-rata kelasa pada siklus I 35,08 menjadi 45,50 pada siklus II, ada 4 siswa mencapai kategori sangat kreatif dan 8 siswa mencapai kategori kreatif, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas dengan penerapan model pembelajaran kreatif pada hasil belajar siswa ketrampilan tata busana di SMA N 1 Patuk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 03:48
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item