PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKNIK-TEKNIK DASAR MEMASAK DI SMK NEGERI 2 GODEAN

Lina , Mufidah (2013) PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKNIK-TEKNIK DASAR MEMASAK DI SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL METODE EDUTAIMENT.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pendapat siswa tentang penggunakan metode edutainment pada materi teknik- teknik dasar memasak kompetensi dasar Prinsip Pengolahan Makanan Kontinental di SMK Negeri 2 Godean.(2) Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran yang menggunakan metode edutainment. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain penelitian kuantitatif one-group pretes-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Keahlian Jasa Boga 3, di SMK Negeri 2 Godean Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan tes dengan soal. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2012 hingga Januari 2013. Uji validitas angket pendapat siswa menggunakan rumus korelasi Product Moment, dan untuk uji validasi hasil belajar siswa menggunakan korelasi point biseral. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisisnya menggunakan uji normalitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t (One sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pendapat siswa tentang penggunakan metode edutainment pada materi teknik- teknik dasar memasak kompetensi dasar Prinsip Pengolahan Makanan Kontinental di SMK Negeri 2 Godean masuk dalam kategori cenderung tinggi yaitu 69%. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran yang menggunakan metode edutainment, hal ini ditunjukkan dengan memiliki nilai pretest rata-rata (mean)= 14, sedangkan nilai posttest memiliki rata-rata = 24,3 sedangkan nilai thitung pre-test sebesar 9.771 sedangkan thitung post-test sebesar 4.838 dan lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% (2,402) dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran yang menggunakan metode edutainment.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 01:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item